Savitri, Erlina Nadja and Saputro, Julianto Agung (2025) Social Media Marketing Activities Dan Consumer Brand Engagement: Perspektif Elaboration Likelihood Model (Elm) Dengan Gamification Sebagai Moderasi Pada Generasi Z Pengguna E-Commerce Di Indonesia. Jurnal thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta.
![]() |
Text
Jurnal Tesis Erlina Nadya Safitri 222300967.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Social Media Marketing Activities (SMMAs) terhadap Consumer Brand Engagement dengan pendekatan Elaboration Likelihood Model (ELM), serta menguji peran moderasi Gamification dalam memperkuat pengaruh tersebut. Penelitian ini difokuskan pada Generasi Z sebagai pengguna aktif e-commerce di Indonesia. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dari 220 responden dan dianalisis menggunakan teknik Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima dimensi SMMAs, yaitu entertainment, interactivity, trendiness, customization, dan electronic word of mouth (e-WOM), hanya tiga yang berpengaruh signifikan terhadap consumer brand engagement, yaitu entertainment, trendiness, dan customization. Sementara itu, interactivity dan e-WOM tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa keterlibatan konsumen cenderung dipengaruhi oleh pemrosesan informasi melalui peripheral route, yang didorong oleh stimulus emosional dan visual. Selanjutnya, gamification terbukti memoderasi secara positif sebagian besar pengaruh antara SMMAs dan consumer brand engagement, kecuali pada dimensi e-WOM. Hasil ini menegaskan pentingnya penerapan unsur permainan untuk meningkatkan efektivitas pemasaran digital, serta memperkuat keterlibatan konsumen baik secara afektif maupun kognitif.
Item Type: | Thesis (Jurnal) |
---|---|
Additional Information: | Jurnal Tesis dapat dibaca di Perpustakaan dengan Call Number SAV S 713/2025 |
Uncontrolled Keywords: | Social Media Marketing Activities, Gamification, Consumer Brand Engagement, Elaboration Likelihood Model, Generasi Z, E-Commerce |
Subjects: | MANAJEMEN > Pemasaran dan Periklanan |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Jurnal Tesis Magister Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 05:54 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 05:54 |
URI: | http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/3407 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |