Nugraha, Mochamad Saddam Ilyas (2025) Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Influencer Sosial Media, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Iphone Pada Generasi Z Di Yogyakarta. Ringkasan Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta.
![]() |
Text
Ringkasan Skripsi Mochamad Saddam Ilyas Nugraha 212131706.pdf Download (848kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang begitu pesat telah membuat Smartphone menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari khususnya bagi Generasi Z yang lahir pada era digital. Meskipun terdapat banyak merek yang saling berkompetisi dengan menawarkan keunggulannya masing-masing, loyalitas iPhone masih sangat kuat di kalangan Generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas merek terhadap iPhone pada Generasi Z di Yogyakarta dengan mengusulkan model konseptual yang terdiri dari kesadaran merek, persepsi kualitas, sosial media influencer, dan kepuasan konsumen dengan menggunakan teori-teori utama seperti Expectation Disconfirmation Theory, Brand Awareness and Loyalty Theory, Satisfaction-Loyalty Theory, dan Source Credibility Theory. Sampel penelitian ini berjumlah 102 responden yang dikumpulkan melalui survei yang melibatkan konsumen generasi Z di Yogyakarta yang memiliki iPhone. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS versi 30. Temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel independen berpengaruh positif terhadap loyalitas merek. Hasil dalam penelitian dapat memberikan implikasi strategis pada iPhone untuk dapat meningkatkan loyalitas merek pada konsumen sehingga akan mendapatkan keunggulan kompetitif dalam pasar. Penelitian ini juga memberikan kontribusi akademis untuk penelitian selanjutnya terutama dalam pengembangan studi mengenai loyalitas merek pada demografi Generasi Z.
Item Type: | Thesis (Ringkasan Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Tugas Akhir dapat dibaca di Perpustakaan dengan Call Number NUG P 8115/2025 |
Uncontrolled Keywords: | Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Sosial Media Influencer, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Merek |
Subjects: | MANAJEMEN > Pemasaran dan Periklanan |
Divisions: | Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id |
Date Deposited: | 06 May 2025 06:35 |
Last Modified: | 06 May 2025 06:35 |
URI: | http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/3351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |