Pengaruh Pesan Kelangkaan Pada Produk Kolaborasi Terhadap Niat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Pengguna Sepatu Kolaborasi di DIY)

Tamimi, Ahmad Arif (2021) Pengaruh Pesan Kelangkaan Pada Produk Kolaborasi Terhadap Niat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Pengguna Sepatu Kolaborasi di DIY). Skripsi thesis, STIE YKPN YOGYAKARTA.

[img] Text
ringkasan skripsi_Ahmad Arif Tamimi.watermark.pdf

Download (775kB)

Abstract

Kolaborasi brand menjadi salah satu strategi yang ditempuh produsen untuk menjaga minat konsumen terhadap produk-produk perusahaan. Produk kolaborasi yang cenderung susah untuk didapatkan dan unik justru memicu niat beli konsumen karena produk berbeda dengan produk pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pesan kelangkaan pada sepatu kolaborasi terhadap niat beli konsumen dengan menggunakan metode PLS-SEM dengan sumber data primer berupa penyebaran kuesioner pada konsumen yang memiliki sepatu kolaborasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling, yaitu konsumen yang bergabung dengan forum-forum peminat sepatu kolaborasi. Pengolahan data menggunakan software Smartpls 3.3.3 dan pengujian yang dilakukan antara lain adalah uji outer model (uji validitas dan reliabilitas), uji inner model (uji R square dan F square), dan uji hipotesis. Hasil pengujian penelitian ini menunjukkan perceived scarcity berpengaruh positif dan signifikan pada perceived uniqueness dan assumed expensiveness, assumed expensiveness berpengaruh positif dan signifikan pada perceived quality, perceived quality berpengaruh positif dan signifikan pada perceived value, perceived uniqueness berpengaruh positif dan signifikan pada perceived value, dan perceived value berpengaruh positif dan signifikan pada purchase intention konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number TAM P 7297/2021
Uncontrolled Keywords: Perceived scarcity, perceived uniqueness, assumed expensiveness, perceived quality, perceived value, purchase intention.
Subjects: MANAJEMEN > Perilaku Konsumen
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2024 02:22
Last Modified: 14 Oct 2024 02:22
URI: http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/2848

Actions (login required)

View Item View Item