Laporan Kegiatan Magang Di Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Unit Depok

Santikatia, Nova (2024) Laporan Kegiatan Magang Di Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Unit Depok. Laporan Magang thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta.

[img] Text
Ringkasan Magang Nova Santikatia 312131884.pdf

Download (800kB)

Abstract

Penulis memiliki ketertarikan untuk dapat menerapkan pelajaran yang penulis dapatkan di bangku kuliah ke dalam pekerjaan di bidang perbankan. Penulis mendapatkan informasi tentang adanya kegiatan magang yang diselenggarakan di BRI Kantor Cabang Sleman dan kemudian penulis mengirimkan berkas-berkas untuk dapat mendaftar magang setelah itu penulis di tempatkan di Kantor Unit Depok. Kegiatan magang ini penulis lakukan selama 3 (tiga) bulan lamanya. Dimulai dari tanggal 3 (tiga) Juli 2023 sampai dengan tanggal 3 (tiga) Oktober 2023. Kegiatan magang yang penulis ikuti menyesuaikan dengan jam kerja kantor mulai dari pukul 07.15 WIB pagi sampai dengan pukul 17.00 WIB sore dari hari Senin sampai dengan hari Jumat. Selama mengikuti kegiatan magang, penulis membantu pekerjaan Mantri yang bertugas untuk mengunjungi nasabah baru dan nasabah lama, menjaga hubungan dengan nasabah sampai dengan melakukan penagihan kredit terhadap nasabah. Penulis juga membantu bagian teller melakukan perhitungan uang, cap dan ban, melakukan penyetoran kredit angsuran, membantu dalam penyaluran dana atau penarikan dana pensiun kepada para pensiunan. Penulis menemukan adanya beberapa permasalahan yang terjadi selama mengikuti kegiatan magang. Pada bagian teller yakni adanya banyak uang palsu yang beredar dengan solusi yang dapat dilakukan yakni selalu mengecek uang yang diterima dibawah sinar uv atau memakai alat uv. Pada bagian Mantri, penulis mendapati banyaknya nasabah yang melakukan pembayaran di akhir bulan, solusi yang dapat diberikan yakni dengan memberikan peringatan kepada nasabah, kemudian adanya nasabah yang sering melakukan penunggakan, solusi yang dapat diberikan adalah dengan memberikan surat peringatan, Adapun permasalahan dimana nasabah kredit mengalami kesulitan membayar kredit sehingga menunggak, solusi yang dapat dilakukan adalah dengan dilakukannya restruct, kemudian ada pula permasalahan dimana para Mantri yang diberikan tugas untuk melakukan penagihan juga terhadap para nasabah, solusi yang dapat diberikan adalah dengan memberikan penugasan khusus kepada divisi khusus.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Additional Information: Tugas Akhir dapat dibaca di Perpustakaan dengan Call Number SAN L 549/2024
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: AKUNTANSI > Bank dan Lembaga Keuangan
Divisions: Program Sarjana > Laporan Magang Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2024 01:59
Last Modified: 10 Jun 2024 01:59
URI: http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/2439

Actions (login required)

View Item View Item