Pengaruh Self-Efficacy, Community Of Inquiry, Dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Belajar Online Mahasiswa Akuntansi Di Yogyakarta

Lisdiani, Lu’lu (2022) Pengaruh Self-Efficacy, Community Of Inquiry, Dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Belajar Online Mahasiswa Akuntansi Di Yogyakarta. Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
Ringkasan Skripsi Lu'lu Lisdiani 1118 30564.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran secara online berpotensi memfasilitasi pembelajaran kolaboratif yang meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna, sekelompok ahli mengajukan Model Community of Inquiry sebagai kerangka pembelajaran kolaboratif online. Diskusi online yang kritis dan mendalam merupakan dinamika dan interaksi timbal balik antara kehadiran pengajaran, sosial, dan kognitif. Keberhasilan pembelajaran secara online membutuhkan keterampilan belajar tersendiri yang tidak terbentuk dengan sendirinya, self-efficacy dan motivasi belajar adalah dua faktor yang dapat meningkatkan hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh self-efficacy, community of inquiry, dan motivasi belajar terhadap kepuasan belajar online mahasiswa akuntansi di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan cara menyebar kuesioner melalui google form terhadap 152 mahasiswa akuntansi di Yogyakarta, diambil dengan menggunakan rumus metode purposive sampling dan diuji dengan menggunakan aplikasi SPSS 15.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa self-efficacy, community of inquiry, dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar online mahasiswa akuntansi di Yogyakarta. Dalam penelitian ini, kepuasan belajar online mahasiswa akuntansi paling dipengaruhi oleh variabel community of inquiry dengan nilai koefisien regresi yang paling besar pada uji parsial (uji t) dibandingkan dengan yang lain, yaitu sebesar 0.472. Institusi pendidikan tinggi dan dosen perlu fokus pada bagaimana meningkatkan self-efficacy dan motivasi belajar mahasiswa akuntansi. Selain itu, institusi pendidikan tinggi dan dosen juga perlu mempertimbangkan untuk menggunakan Model Community of Inquiry karena terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar online mahasiswa akuntansi di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number LIS P 7394/2022
Uncontrolled Keywords: Self-Efficacy, Community of Inquiry, Motivasi Belajar, Kepuasan Belajar Online Mahasiswa Akuntansi
Subjects: AKUNTANSI > Perilaku
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:41
Last Modified: 18 Apr 2023 03:41
URI: http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/983

Actions (login required)

View Item View Item