Pengaruh Roi, Roa, Roe, Dan Corporate Governance Terhadap Penciptaan Nilai Pasar (Market Value Creation) (Studi Pada Perusahaan Go Public yang Terdaftar di BEI Periode 2017 – 2019)

Sari, Ramadhani Wuning (2021) Pengaruh Roi, Roa, Roe, Dan Corporate Governance Terhadap Penciptaan Nilai Pasar (Market Value Creation) (Studi Pada Perusahaan Go Public yang Terdaftar di BEI Periode 2017 – 2019). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
Ringkasan Skripsi Ramadhani Wuning Sari 111729818.pdf

Download (644kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh ROI (Return on Investment), ROA (Return on Assets), ROE (Return on Equity) dan Corporate Governance terhadap penciptaan nilai pasar perusahaan. Sampel penelitian ini adalah perusahaan go public yang terdaftar di BEI serta termasuk dalam pemeringkatan CGPI dari tahun 2017 - 2019. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kepustakaan dan total sampel sebanyak 8 perusahaan, 6 perusahaan pada sektor bank dan 2 perusahaan pada sektor non-bank. Metode statistik menggunakan analisis regresi linear berganda, dengan pengujian hipotesis uji statistik t. Berdasarkan pengujian menggunakan analisis regresi linear berganda, hasil penelitian menunjukkan bahwa ROI dikategorikan sebagai excluded variable. Pada sektor perusahaan bank ROA, ROE dan CG berpengaruh terhadap penciptaan nilai pasar perusahaan. Sedangkan pada sektor perusahaan non-bank ROA, ROE dan CG tidak berpengaruh terhadap penciptaan nilai pasar. Berdasarkan hasil uji ROA, ROE dan CG mempengaruhi penciptaan nilai pasar sebesar 51,8% pada sektor perusahaan bank, sedangkan pada sektor perusahaan non-bank ROA, ROE dan CG mempengaruhi penciptaan nilai pasar sebesar 18%. Berdasarkan penelitian ini dapat diaplikasikan sebagai berikut: (1) memberikan bukti empiris terkait dengan penciptaan nilai pasar perusahaan serta memperkuat teori – teori yang berkaitan dengan penciptaan nilai pasar, yaitu Teori keagenan, Teori signal, dan penciptaan nilai, (2) memberikan gambaran tentang aplikasi penciptaan nilai pasar perusahaan yang berhubungan dengan penerapan Good Corporate Governance dan pencapaian target bersama antara pemegang saham dengan pihak perusahaan.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number SAR P 7122/2021
Uncontrolled Keywords: Penciptaan nilai pasar, ROI, ROA, ROE, Corporate Governance.
Subjects: AKUNTANSI > Pasar Modal
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:25
Last Modified: 09 Feb 2023 01:25
URI: http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item