Candra, Farrel Christian (2025) Ringkasan Laporan Magang Siklus Layanan Perkreditan Dan Digital Marketing Pada Pt Bpr Chandra Muktiartha Yogyakarta. Laporan Magang thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta.
![]() |
Text
Ringkasan Magang Farrel Christian Candra 112031572.pdf Download (838kB) |
Abstract
Bank merupakan lembaga keuangan yang berperan sebagai intermediasi antara pihak yang memiliki dana lebih dengan pihak yang membutuhkan dana. BPR (Bank Perkreditan Rakyat) merupakan salah satu bank yang melakukan kegiatan intermediasi pada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Penulis melakukan kegiatan magang karena ingin mengetahui situasi kerja sebenarnya dan menambah wawasan dunia kerja di sektor perbankan, dengan kegiatan magang yang dilakukan di BPR Chandra Muktiartha penulis memiliki aktivitas kerja yang berkaitan dengan ilmu akuntansi. Kegiatan praktik magang dimulai pada tanggal 3 Februari 2025 hingga 30 April 2025 dan ditempatkan di divisi business support yang menangani siklus layanan kredit dan digital marketing BPR Chandra Muktiartha. Peserta magang mengambil kesimpulan di PT BPR Chandra Muktiartha yaitu: (1) Data pemohon kredit seharusnya sudah dilengkapi oleh account officer dari awal agar tidak menunda jalannya siklus pengajuan kredit tanpa harus menunggu data yang kurang lengkap. (2) Account officer harus melakukan pengetatatan survey pada nasabah karena account officer merupakan mitigasi awal untuk menyaring kualitas dari debitur, sebab ada fenomena ketidaksesuaian kondisi berjalan pada ekonomi debitur dengan kondisi pertama saat account officer melakukan survey yang membuat pengembalian piutang nasabah terhambat karena keterlambatan atau gagal bayar. (3) Terjadinya miskomunikasi karyawan antar divisi yang membuat pekerjaan menjadi salah dan harus diulangi yang disebabkan karena komunikasi kerja yang kurang jelas dari satu divisi ke divisi lainnya dan karyawan antar divisi harus menerapkan komunikasi bisnis yang baik untuk menunjang efektifitas kerja antar karyawan divisi. (04) Adanya kendala pada sistem USSI yang mengintegrasikan seluruh aktivitas perbankan terutama dalam pencatatan kredit dan menyebabkan data kredit tidak bisa diakses yang menghambat kinerja karyawan pada satu perusahaan untuk mengolah data kredit secara lebih lanjut untuk kepentingan perusahaan. (05) Ketidaksiapan data nasabah dalam pencatatan formulir kredit yang memperlambat siklus layanan kredit yang seharusnya data nasabah sudah dipersiapkan oleh account officer untuk diregistrasi, tetapi pencarian data nasabah dilimpahkan ke karyawan business support yang bertugas melakukan registrasi dan mengindikasikan kurangnya tanggung jawab account officer tertentu.
Item Type: | Thesis (Laporan Magang) |
---|---|
Additional Information: | Tugas Akhir dapat dibaca di Perpustakaan dengan Call Number CAN S 763/2025 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | AKUNTANSI > Bank dan Lembaga Keuangan |
Divisions: | Program Sarjana > Laporan Magang Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:11 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:11 |
URI: | http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/3467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |