Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Kompetensi Dosen Dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Laporan Keuangan Dengan Kecerdasan Intelektual Sebagai Variabel Moderasi

Damayanti, Ivana (2025) Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Kompetensi Dosen Dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Laporan Keuangan Dengan Kecerdasan Intelektual Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta.

[img] Text
Jurnal Tesis Ivana Damayanti 122100814.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan sifat asosiatif. Populasi dalam penelitian adalah Mahasiswa program studi akuntansi pada Perguruan Tinggi di Surakarta. Penelitian menggunakan jenis data primer dengan menyebarkan kuesioner melalui aplikasi Google Form. Metode pengujian data menggunakan SmartPLS versi 4 dengan metode Partial Least Squares (PLS) dan Stuctural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) fasilitas belajar mendukung pengaruh pemahaman mahasiswa terhadap laporan keuangan, (2) kompetensi dosen mendukung pengaruh pemahaman mahasiswa terhadap laporan keuangan, (3) kecerdasan intelektual memperlemah pengaruh fasilitas belajar pada pemahaman mahasiswa terhadap laporan keuangan, (4) kecerdasan intelektual tidak memoderasi pengaruh kompetensi dosen pada pemahaman mahasiswa terhadap laporan keuangan. Saran bagi penelitian selanjutnya agar lebih memperhatikan faktor pendukung lain yang mempengaruhi tingkat pemahaman mahasiswa dan memperluas populasi penelitian.

Item Type: Thesis (Jurnal)
Additional Information: Jurnal Tesis dapat dibaca di Perpustakaan dengan Call Number DAM P 702/2025
Uncontrolled Keywords: fasilitas belajar, kompetensi dosen, kecerdasan intelektual
Subjects: AKUNTANSI > Analisis Laporan Keuangan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Jurnal Tesis Magister Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:09
Last Modified: 09 Sep 2025 06:09
URI: http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/3396

Actions (login required)

View Item View Item