Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Metode Balanced Scorecard Dan Integrated Performance Measurement System (Studi Kasus Pada Cafe Signatura)

Widodo, Ario Setya (2023) Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Metode Balanced Scorecard Dan Integrated Performance Measurement System (Studi Kasus Pada Cafe Signatura). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
111729805_ringkasan.pdf

Download (795kB)

Abstract

Cafe Signatura merupakan perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman yang berada di Kota Yogyakarta. Signatura cafe merupakan salah satu coffee shop yang berada di Kota Yogyakarta. Signatura cafe cukup terkenal dikalangan mahasiswa Kota Yogyakarta, dengan desain interior cafe yang modern dan nyaman menjadikan daya tarik bagi kalangan anak muda untuk melakukan aktivitas. Terlepas dari hal tersebut, persaingan bisnis coffe shop di lingkungan Signatura cafe semakin meningkat dengan berdirinya coffee shop - coffe shop baru di sekitanya Pada periode Agustus 2021 cafe signatura mengalami tutup total karena kondisi pandemi COVID-19 sehingga tidak mendapatkan pemasukan dalam penjualannya. Sampai saat Signature cafe belum memiliki sistem pengukuran kinerja dan hanya melihat kinerja dari segi pendapatan, sehingga belum memiliki informasi kinerja yang menyeluruh untuk meningkatkan strategi bisnis. Penelitian ini menggunakan metode Integrated Performance Measurement System (IPMS) sebagai solusi dalam perbaikan sitem pengukuran kinerja perusahaan. Metode Integrated Performance Measurement System (IPMS) dan Balanced Scorecard menjadikan keinginan para stakeholder sebagai acuan dalam pembentukan Key Perfomrance Indicator (KPI). Dari kedua metode tersebut diperoleh kesimpulan sebagai berikut, menggunakan metode BSC diperoleh hasil bahwa Signatura Cafe sudah memiliki kinerja yang baik. Hal ini ditunjukkan dari skor BSC yang mendekati 100% yaitu 97,54%. Meskipun begitu, Signatura Cafe harus terus melakukan perbaikan terutama dalam bidang keuangan agar dapat terus bertahan. Menggunakan metode IPMS Signatura Cafe perlu melakukan peningkatan kepuasan pelanggan karena metode ini menunjukkan bahwa pelanggan memegang peran paling penting bagi Signatura Cafe.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dengan call number WID A 7697/2023
Subjects: AKUNTANSI > Perilaku
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id
Date Deposited: 25 May 2023 04:11
Last Modified: 25 May 2023 04:11
URI: http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/1091

Actions (login required)

View Item View Item