Pengaruh Fomo Terhadap Impulse Buying Behavior Dengan Purchase Intention Sebagai Pemediasi (Studi Kasus Pada Shopee)

Kurniawan, Riky Adi (2021) Pengaruh Fomo Terhadap Impulse Buying Behavior Dengan Purchase Intention Sebagai Pemediasi (Studi Kasus Pada Shopee). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
Ringkasan Skripsi Riky Adi Kurniawan 2117 29700.pdf

Download (1MB)

Abstract

Internet telah membawa peningkatan dalam ritel online dan tak dapat dihindarkan dari peningkatan pembelian impulsif. Dengan internet, peluang pembelian konsumen telah berkembang melalui peningkatan aksesibilitas ke produk dan layanan serta peningkatan kemudahan untuk melakukan pembelian. Apalagi mode belanja online seringkali menghilangkan kendala ruang dan waktu yang sering dialami pembeli secara tradisional dalam konteks perdagangan. Akibatnya, pembeli internet bisa menjadi lebih impulsif daripada pembeli tradisional. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perceived favorability, popularity, dan perceived sociability yang mempengaruhi FoMo terhadap impulse buying behavior dengan purchase intention sebagai pemediasi. Subyek penelitian ini menggunakan 178 responden dengan kriteria pengguna marketplace Shopee. Proses pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM dengan software SmartPLS versi 3. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa popularity tidak mempengaruhi FoMo sedangkan perceived favorability berpengaruh negatif terhadap FoMo dan perceived sociability berpengaruh positif terhadap FoMo. Fear of Mising out (FoMo) berpengaruh positif terhadap impulse buying behavior dengan purchase intention sebagai pemediasi.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number KUR P 7101/2021
Uncontrolled Keywords: Perceived favorability, popularity, perceived sociability, Fear of Mising out (FoMo), purchase intention, impulse buying behavior
Subjects: MANAJEMEN > Perilaku Konsumen
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2023 06:21
Last Modified: 07 Feb 2023 06:21
URI: http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item