Analisis Pengaruh Green Marketing Mix, Green Brand Equity, Green Satisfaction, Dan Green Trust terhadap Brand Image (Studi Kasus pada Konsumen Starbucks Coffe Indonesia)

Tobing, Kefin Noel Lumban (2021) Analisis Pengaruh Green Marketing Mix, Green Brand Equity, Green Satisfaction, Dan Green Trust terhadap Brand Image (Studi Kasus pada Konsumen Starbucks Coffe Indonesia). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
Ringkasan Skripsi Kefin Noel Lumban Tobing – 211729930.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lingkungan merupakan suatu kesatuan ruang dengan semua benda, daya, dan makhluk hidup termasuk manusia, saat ini isu lingkungan masih menjadi permasalahan yang terus mengalami perkembangan yang semakin kompleks seiring dengan berjalannya waktu. Kini masyarakat menyadari bahwa lingkungan tempat tinggalnya harus dijaga dan dilestarikan sehingga tetap layak untuk huni. Pemecahan masalah lingkungan tidak hanya merupakan tanggung jawab satu pihak saja, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama. Seluruh warga dunia harus ikut berperan aktif dalam tindakan-tindakan yang mendukung kelestarian lingkungan, tidak terkecuali buat organisasi dan entitas bisnis. Green marketing mix merupakan bauran pemasaran yang memberikan perhatian khusus pada aspek lingkungan, ditopang melalui empat komponen utama yang merupakan hasil modifikasi dari bauran pemasaran tradisional yakni green product, green price, green place, dan green promotion. Pemilihan strategi pemasaran hijau yang baik akan menghasilkan green brand equity yang merupakan kumpulan aktiva merek yang akan membawa merek tersebut pada pembentukan nilai kehijauan. Melalui ekuitas merek hijau yang baik akan menciptakan green satisfaction oleh konsumen, artinya adalah tingkat kesenangan konsumen yang disebabkan oleh tercapainya hasrat dan keinginan untuk turut berkontribusi pada pelestarian lingkungan, kemudian akan berimplikasi pada munculnya green trust, dimana konsumen akan menggantungkan harapannya pada merek tertentu yang memiliki atribut kehijauan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green marketing mix, green brand equity, green satisfaction, dan green trust terhadap pembentukan brand image Starbucks Coffee Indonesia sebagai merek ramah lingkungan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang dibuat dengan menggunakan google form secara online. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebesar 50 orang responden. Data-data tersebut dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS v26.0 dan WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel green marketing mix dan green trust berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand image, sementara variabel green brand equity dan green satisfaction tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand image Starbucks Coffee Indonesia.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number TOB a 6990/2021
Uncontrolled Keywords: green marketing mix, green product, green price, green place, green promotion,green brand equity, green satisfaction, green trust, brand image
Subjects: MANAJEMEN > Pemasaran dan Periklanan
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:32
Last Modified: 28 Dec 2022 02:32
URI: http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item View Item