Peran Influencer Credibility Dalam Memoderasi Pengaruh Media Richness Terhadap Parasocial Interaction, Emotional Attachment Dan Purchase Intention Di Tiktok

Safitri, Nova Indah and Saputro, Julianto Agung (2025) Peran Influencer Credibility Dalam Memoderasi Pengaruh Media Richness Terhadap Parasocial Interaction, Emotional Attachment Dan Purchase Intention Di Tiktok. Jurnal thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta.

[img] Text
Jurnal Tesis Nova Indah Safitri 222300962.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh media richness terhadap purchase intention di TikTok dengan parasocial interaction dan emotional attachment sebagai mediator, serta influencer credibility sebagai moderator. Metode pengambilan data menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 121 orang. Analisis data dilakukan menggunakan WarpPLS 8.0. Hasil menunjukkan bahwa media richness berpengaruh positif terhadap parasocial interaction dan emotional attachment. Kedua variabel tersebut juga memediasi hubungan antara media richness dan niat beli. Namun, influencer credibility tidak memoderasi hubungan media richness dengan parasocial interaction dan justru memperlemah hubungan dengan emotional attachment. Temuan ini menekankan pentingnya konten yang emosional dan interaktif dalam meningkatkan niat beli melalui strategi influencer marketing di TikTok.

Item Type: Thesis (Jurnal)
Additional Information: Jurnal Tesis dapat dibaca di Perpustakaan dengan Call Number SAF P 710/2025
Uncontrolled Keywords: media richness, parasocial interaction, emotional attachment, influencer credibility, purchase intention, TikTok
Subjects: MANAJEMEN > Pemasaran dan Periklanan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Jurnal Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2025 03:44
Last Modified: 10 Sep 2025 03:44
URI: http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/3404

Actions (login required)

View Item View Item