Rozin, Yovandha (2025) Ringkasan Laporan Magang. Optimalisasi Pemanfaatan Aplikasi Pln Mobile Melalui Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Di Pt. Pln Unit Kalasan. Laporan Magang thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta.
![]() |
Text
Ringkasan Magang Yovandha Rozin 212131723.pdf Download (674kB) |
Abstract
Laporan magang ini membahas kegiatan penulis di PT. PLN Unit Kalasan pada Divisi Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan, dengan fokus pada penyediaan layanan kepada pelanggan. Penulis terlibat dalam berbagai aktivitas, seperti pengelolaan data pelanggan, pengunggahan perlindungan data, serta evaluasi aplikasi PLN Mobile melalui pengunggahan eviden rating pengguna. Selama magang, penulis menemukan bahwa pemanfaatan PLN Mobile belum maksimal karena kurangnya pemahaman masyarakat terhadap cara penggunaannya. Hal ini diperparah oleh keterbatasan penyebaran informasi yang mengharuskan pelanggan mendatangi kantor PLN secara langsung. Untuk mengatasi masalah ini, penerapan Customer Relationship Management (CRM) diusulkan sebagai solusi, seperti otomatisasi panduan penggunaan aplikasi, edukasi pelanggan berbasis data, serta komunikasi multisaluran. Kendala lain, seperti keterbatasan sumber daya manusia dan gangguan perangkat, diselesaikan melalui komunikasi efektif dan bimbingan kerja. Melalui magang ini, penulis mendapatkan pengalaman berharga dalam meningkatkan layanan pelanggan berbasis teknologi.
Item Type: | Thesis (Laporan Magang) |
---|---|
Additional Information: | Tugas Akhir dapat dibaca di Perpustakaan dengan Call Number ROZ O 720/2025 |
Uncontrolled Keywords: | Magang, Pemasaran, Pelayanan Pelanggan, Customer Relationship Management. |
Subjects: | MANAJEMEN > Pemasaran dan Periklanan |
Divisions: | Program Sarjana > Laporan Magang Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id |
Date Deposited: | 08 May 2025 04:19 |
Last Modified: | 08 May 2025 04:19 |
URI: | http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/3374 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |