Alfiah, Nunung (2024) Malicious Envy Sebagai Pemediasi Pengaruh Social Comparison Pada Impulse Buying (Gender Sebagai Pemoderasi). Jurnal thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta.
Text
Jurnal Thesis Nunung Alfiah 222200863.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pada era digital ini, media sosial menjadi platform utama untuk perbandingan sosial, mengikuti tren konsumsi, gaya hidup orang lain, dan terpapar promosi produk. Media sosial memfasilitasi perbandingan dengan menampilkan kehidupan dan pencapaian orang lain, yang seringkali meningkatkan perasaan ketidakpuasan dan iri hati. Penelitian ini menguji dan menganalisis hubungan antara social comparison, malicious envy, dan impulse buying, serta perbedaan pengaruhnya berdasarkan jenis kelamin. Hasil penelitian ini menunjukkan social comparison memiliki pengaruh positif terhadap malicious envy. Pengaruh social comparison dan malicious envy ini lebih kuat pada perempuan dibandingkan laki-laki. Perempuan lebih sering melakukan social comparison dan lebih rentan terhadap malicious envy yang memicu impulse buying. Malicious envy juga terbukti mendorong perilaku impulse buying, di mana individu dengan tingkat malicious envy yang tinggi cenderung lebih sering melakukan impulse buying. Pengaruh social comparison terhadap malicious envy ditemukan lebih kuat pada perempuan dibandingkan laki-laki, dengan perempuan lebih sering melakukan social comparison dan malicious envy.
Item Type: | Thesis (Jurnal) |
---|---|
Additional Information: | Thesis dapat dibaca di Perpustakaan dengan Call Number ALF M 642/2024 |
Uncontrolled Keywords: | social comparison, malicious envy dan impulse buying. |
Subjects: | MANAJEMEN > Perilaku Konsumen |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Jurnal Tesis Magister Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:26 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:26 |
URI: | http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/3049 |
Actions (login required)
View Item |