Pratiwi, Florentina Ajeng Tiya (2020) Pengaruh Adventure Shopping, Value Shopping, Dan Relaxation Shopping Terhadap Affective Impulsive Buying Tendency Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Mediator (Studi Kasus Pada Pengguna Marketplace di Yogyakarta). Skripsi thesis, STIE YKPN YOGYAKARTA.
Text
Ringkasan Skripsi_Florentina Ajeng Tiya Pratiwi.watermark.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan penulis bertujuan untuk menguji apakah pengaruh adventure shopping, value shopping, dan relaxation shopping terhadap affective impulsive buying tendency dengan positive emotion sebagai variabel mediasi pada pengguna marketplace di Yogyakarta terbukti berpengaruh positif. Model penelitian ini menggunakan model S-O-R (stimulus, organism, dan response). Metode penelitian menggunakan data primer melalui kuesioner secara online. Data analisis yang diuji oleh penulis sebanyak 185 responden. Uji hipotesis menggunakan analisis jalur dan analisis pengaruh mediasi dengan model causal step oleh Baron dan Kenny (1986) serta uji sobel. Hasil analisis membuktikan adventure shopping dan relaxation shopping berpengaruh positif terhadap positive emotion, relaxation shopping dan positive emotion terhadap affective impulsive buying tendency berpengaruh positif. Selanjutnya, hasil analisis menunjukan tidak berpengaruh antara value shopping terhadap positive emotion, value shopping terhadap affective impulsive buying tendency dan adventure shopping terhadap affective impulsive buying tendency. Positive emotion terbukti sebagai pemediasi antara adventure shopping terhadap affective impulsive buying tendency dan relaxation shopping terhadap affective impulsive buying tendency. Sementara positive emotion tidak dapat dilakukan uji mediasi antara value shopping terhadap affective impulsive buying tendency karena tidak memenuhi syarat penelitian Baron dan Kenny (1986).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number PRA p 6769/2020 |
Uncontrolled Keywords: | adventure shopping, value shopping, relaxation shopping, positive emotion, dan affective impulsive buying tendency. |
Subjects: | MANAJEMEN > Perilaku Konsumen |
Divisions: | Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 04:31 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 04:31 |
URI: | http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/2768 |
Actions (login required)
View Item |