Pengaruh Kepedulian Lingkungan Dan Green Influencer Terhadap Niat Beli Hijau Melalui Eco-Label: Studi Pada Gen Z Di Yogyakarta

Sugianur, Muhammad (2024) Pengaruh Kepedulian Lingkungan Dan Green Influencer Terhadap Niat Beli Hijau Melalui Eco-Label: Studi Pada Gen Z Di Yogyakarta. Jurnal thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta.

[img] Text
Jurnal Muhammad Sugianur 222100783 (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesadaran masyarakat akan kerusakan lingkungan semakin mengalami peningkatan, yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan niat beli hijau di masyarakat. Niat beli hijau konsumen dapat dipengaruhi melalui kepedulian lingkungan dan green influencer. Penelitian ini mengkontribusikan eco-Labeling sebagai pemediasi antara kepedulian lingkungan dan influencer terhadap niat beli hijau. Menggunakan teori perilaku terencana (TPB), penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh kepedulian lingkungan dan green influencer terhadap niat beli hijau melalui eco-label di kalangan generasi Z. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kuesioner disebarluaskan menggunakan google form melalui media sosial seperti Instagram, TikTok, What’s App, dan lain- lain. Pengumpulan data dilakukan dari bulan november sampai bulan desember 2023. Dari 133 sampel yang berhasil dikumpulkan, hanya 107 yang dapat digunakan untuk analisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa kepedulian lingkungan memiliki dampak yang positif terhadap niat beli hijau. Akan tetapi, green influencer tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap niat beli hijau. Hasil dari pengujian mediasi menunjukkan bahwa terdapat efek mediasi parsial dalam pengaruh kepedulian lingkungan terhadap niat beli hijau melalui eco- label. Terakhir, hasil pengujian mediasi mengindikasikan bahwa terdapat efek mediasi sempurna dalam pengaruh green influencer terhadap niat beli hijau melalui eco-label.

Item Type: Thesis (Jurnal)
Additional Information: Tesis dapat dibaca di Perpustakaan dengan Call Number SUG P 630/2024
Uncontrolled Keywords: Kepedulian Lingkungan, Green Influencer, eco-labeling, niat beli hijau, generasi Z
Subjects: MANAJEMEN > Perilaku Konsumen
Divisions: Program Pasca Sarjana > Jurnal Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:26
Last Modified: 11 Jul 2024 02:26
URI: http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/2496

Actions (login required)

View Item View Item