Kepuasan Wisatawan Sebagai Pemediasi Pengaruh Pengalaman Wisatawan Pada Niat Perilaku Wisatawan: Persepsi Wisatawan Domestik Pada Festival Pekan Budaya Difabel Di Yogyakarta Tahun 2023

Herikusuma, Hieronimus Hernando (2024) Kepuasan Wisatawan Sebagai Pemediasi Pengaruh Pengalaman Wisatawan Pada Niat Perilaku Wisatawan: Persepsi Wisatawan Domestik Pada Festival Pekan Budaya Difabel Di Yogyakarta Tahun 2023. Jurnal thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta.

[img] Text
Jurnal Hieronimus Hernando Herikusuma 222100757 (1).pdf

Download (820kB)

Abstract

Festival sebagai atraksi wisata mempunyai niat perilaku wisatawan untuk hadir kembali sebagai faktor kunci keberlangsungan penyelenggaraan festival secara berkelanjutan. Penelitian ini menguji pengaruh pengalaman wisatawan, kepuasan wisatawan dan niat perilaku wisatawan serta mengkaji kepuasan wisatawan sebagai mediator pengaruh pengalaman wisatawan terhadap niat perilaku wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari 148 wisatawan yang berkunjung ke “Festival Pekan Budaya Difabel 2023” dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Data yang diperoleh kemudian diuji dengan menggunakan uji instrumentasi, model fit, uji R square dan uji hipotesis. Penelitian ini menemukan bahwa pengaruh pengalaman wisatawan terhadap niat berperilaku wisatawan menunjukkan pengaruh yang signifikan dan positif. Pengalaman wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Pengaruh kepuasan wisatawan dengan niat perilaku wisatawan berpengaruh positif dan signifikan. Uji mediasi menemukan bahwa kepuasan wisatawan memediasi hubungan antara pengalaman wisatawan dan niat berperilaku wisatawan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penting bagi penyelenggara untuk memastikan bahwa seluruh wisatawan yang hadir mendapatkan pengalaman yang baik sehingga merasa puas yang akan membuat mereka merasa puas dan mempunyai niat berperilaku untuk berkunjung kembali demi kelangsungan hidup berbagai pihak.

Item Type: Thesis (Jurnal)
Additional Information: Tesis dapat dibaca di Perpustakaan dengan Call Number HER K 626/2024
Uncontrolled Keywords: Festival, Pengalaman Wisatawan, Kepuasan Wisatawan, Niat Perilaku Wisatawan, Mediasi.
Subjects: MANAJEMEN > Perilaku Konsumen
Divisions: Program Pasca Sarjana > Jurnal Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:49
Last Modified: 10 Jul 2024 06:49
URI: http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/2490

Actions (login required)

View Item View Item