Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Penawaran Flash Sale, Paylater, Dan Voucher Terhadap Perilaku Impulsive Buying Pada Pengguna Marketplace Shopee

Nimah, Laila Nutfatun (2022) Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Penawaran Flash Sale, Paylater, Dan Voucher Terhadap Perilaku Impulsive Buying Pada Pengguna Marketplace Shopee. Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
Ringkasan Skripsi Laila Nutfatun Ni'mah 311930977.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi, hampir semua aktivitas ekonomi termasuk transaksi jual beli yang awalnya dilakukan dengan bertemu langsung antara penjual dan pembeli, kini telah beralih menjadi aktivitas perdagangan elektronik (e-commerce). Sistem informasi akuntansi (SIA) pada Shopee bersifat transparan yang memberi kesempatan pelanggan untuk melakukan akses pada sebagian sistem akuntansi tersebut salah satunya pelanggan dapat melakukan pemesanan bahkan melihat stock persediaan barang pada toko. Banyaknya fitur promosi yang ditawarkan oleh Shopee antara lain Flash Sale, PayLater, dan Voucher yang semakin memudahkan para konsumen untuk bertransaksi sehingga, mendorong perilaku impulsive buying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan sistem informasi akuntansi dalam penawaran Flash Sale, PayLater, dan Voucher baik secara parsial maupun simultan terhadap perilaku Impulsive Buying pada pengguna marketplace Shopee. Flash Sale, PayLater, dan Voucher merupakan variabel independen sedangkan Impulsive Buying merupakan variabel dependen. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan penentuan sampel secara unknown populations dan teknik sampel menggunakan metode purposive sampling. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner pada 100 responden pengguna Shopee, kemudian dianalisis dengan metode regresi linear berganda, lalu hipotesis diuji dengan Uji t serta Uji F. Hasil analisis menujukkan bahwa variabel independen secara simultan berpengaruh positif terhadap variabel dependen. Flash Sale (X1) dan PayLater (X2) secara parsial berpengaruh positif terhadap perilaku Impulse Buying (Y) sedangkan Voucher (X3) secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap perilaku Impulse Buying (Y).

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number NIM P 7471/2022
Uncontrolled Keywords: Shopee, Flash Sale, PayLater, Voucher, Impulsive Buying
Subjects: MANAJEMEN > Perilaku Konsumen
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id
Date Deposited: 24 May 2023 08:51
Last Modified: 24 May 2023 08:51
URI: http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/1060

Actions (login required)

View Item View Item