Pengaruh Social Media (Instagram) Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Equity Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada Sepatu Compass)

Usbay, Jason Artha (2021) Pengaruh Social Media (Instagram) Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Equity Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada Sepatu Compass). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
Ringkasan Skripsi Jason Artha Usbay 211629318.pdf

Download (714kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh user-generated social media (Instagram) terhadap E-WOM (2) Pengaruh firm-generated social media (Instagram) terhadap E-WOM (3) Pengaruh E-WOM terhadap purchase intention (4) Brand equity memediasi hubungan E-WOM terhadap purchase intention. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan survey berupa kuisoner. Penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling atau pengambilan sampel berdasarkan karakteristik tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah followers Instagram sepatu Compass. Teknik analis data menggunakan PLS-dengan software SmartPLS3 terdiri dari analisis koefisien determinasi (R2), Uji Q2 predictive, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) user-generated social media (Instagram) berpengaruh positif terhadap E-WOM (2) firm-generated social media (Instagram) berpengaruh positif terhadap E-WOM (3) E-WOM berpengaruh positif terhadap purchase intention (4) Brand equity berperan dalam memediasi pengaruh E-WOM erhadap purchase intention. Nilai R-square variabel E-WOM adalah sebesar 0,555 nilai ini menunjukan bahwa variabel user-generated content dan firm-generated content secara simultan berpengaruh terhadap Variabel E-WOM sebesar 55,5% dimana sisanya yaitu 44,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan pada penelitian ini. Nilai R-square variabel purchase intention sebesar 0,473 nilai ini menunjukan bahwa variabel E-WOM dan brand equity secara simultan berpengaruh terhadap variabel purchase intention sebesar 47,3% dimana sisanya yaitu 52,7 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number USB p 7045/2021
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Media Sosial, e-WOM, Purchase Intention, Brand Equity
Subjects: MANAJEMEN > Komunikasi Bisnis
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:40
Last Modified: 17 Jan 2023 02:40
URI: http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/470

Actions (login required)

View Item View Item