Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Risk, Sanksi Dan Sosialisasi Terhadap Minat Pedagang Menggunakan E-Retribusi Di Pasar Beringharjo Kota Yogyakarta

Sari, Citra Novita (2020) Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Risk, Sanksi Dan Sosialisasi Terhadap Minat Pedagang Menggunakan E-Retribusi Di Pasar Beringharjo Kota Yogyakarta. Ringkasan Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta.

[img] Text
Ringkasan Skripsi Citra Novita SariI 29009.pdf

Download (610kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel perceived ease of use, perceived usefulness, risk, sanksi dan sosialisasi terhadap minat pedagang dalam melakukan pembayaran retribusi menggunakan elektronik (e-retribusi).Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi/ survei atau kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang yang pernah menggunakan e-retribusi di Pasar Beringharjo Kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria pedagang yang berdomisili di Yogyakarta dan pedagang yang sudah pernah melakukan pembayaran retribusi menggunakan elektronik (e-retribusi). Sampel yang digunakan berjumlah 94 responden dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Variabel Perceived Ease of Use tidak memiliki pengaruh positif terhadap minat menggunakan e-retribusi, hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi sebesar 0,726 lebih besar dari 0,05 dan koefisien regresi memiliki nilai positif sebesar 0,044; (2) Variabel Perceived Usefulness memiliki pengaruh positif terhadap minat untuk menggunakan e-retribusi, hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05; (3) Variabel Risk memiliki pengaruh negatif terhadap minat untuk menggunakan e-retribusi, hal ini dibuktikan dari hasil nilai signifikansi sebesar 0,036 lebih kecil dari 0,05; (4) Variabel Sanksi tidak memiliki pengaruh positif terhadap minat menggunakan e-retribusi, hal ini dibuktikan dari hasil nilai signifikansi 0,093 lebih besar dari 0,05. (5) Variabel Sosialisasi tidak memiliki pengaruh positif terhadap minat menggunakan e-retribusi, hal ini dari nilai signifikansi 0,094 lebih besar dari 0,05 (6) Variabel Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Risk, Sanksi dan Sosialisasi secara simultan memiliki pengaruh positif terhadap Minat untuk menggunakan e-retribusi, hal ini dibuktikan dengan hasil Fhitung sebesar 21,752 dengan signifikansi sebesar 0,000

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Tugas Akhir dapat dibaca di Perpustakaan dengan Call Number SAR p 6771/2020
Uncontrolled Keywords: Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Risk , Sanksi, Sosialisasi, Minat Menggunakan.
Subjects: AKUNTANSI > Bisnis Digital
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2024 07:02
Last Modified: 21 Oct 2024 07:02
URI: http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/2905

Actions (login required)

View Item View Item