Laporan Magang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Yogyakarta

Ramadhan, Rikki (2021) Laporan Magang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Yogyakarta. Laporan Magang thesis, STIE YKPN.

[img] Text
Laporan Magang Rikki Ramadhan 211628795.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesehatan merupakan kebutuhan dasar dan hak semua orang yang dilindungi oleh Undang-Undang Dasar. Perbaikan pelayanan kesehatan merupakan dasar suatu investasi sumber daya manusia yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Asuransi kesehatan bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan serta memperoleh manfaat kepada pesertanya. Fenomena di Indonesia saat ini mengenai tingkat kesehatan masyarakat adalah sulitnya masyarakat miskin mendapatkan pelayanan kesehatan, untuk itu pemerintah membuat program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Jamkesmas bertujuan untuk memudahkan masyarakat miskin dan kurang mampu agar mendapatkan pelayanan, fasilitas, dan jaminan kesehatan yang baik. BPJS kesehatan berkeinginan agar masyarakat dapat terlayani dengan baik namun masih ada beberapa permasalahan seperti komunikasi dan penggunaan aplikasi e-dabu. Permasalahan komunikasi ini muncul karena adanya pandemi covid 19, pada situasi ini pelayanan peserta pun harus dilakukan secara online kemudian kerap terjadi penumpukan pertanyaan maupun keluhan di sistem Pandawa tersebut, sehingga sistem ini pun kerap error. Untuk permasalahan aplikasi e-dabu kerap terjadi penumpukan karena aplikasi e-dabu beroperasi selama 24 jam, sedangkan karyawan yang bekerja hanya beroperasi selama 7 jam kerja. Kegunaan aplikasi ini adalah untuk menambah peserta BPJS dan menonaktifkan peserta BPJS yang dilakukan oleh badan usaha, maka dari itu BPJS Kesehatan harus mengoptimalkan permasalahan komunikasi tersebut dengan membentuk layanan Call Center supaya masalah tersebut dapat teratasi walaupun sedang dalam kondisi pandemi. Kemudian untuk permasalahan aplikasi e-dabu, BPJS Kesehatan harus memperbaiki sistem agar penumpukan data dapat teratasi sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal untuk masyarakat.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Additional Information: Laporan dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number RAM B 0087/2021
Uncontrolled Keywords: BPJS Kesehatan, Pelayanan, Komunikasi, Aplikasi e-dabu
Subjects: MANAJEMEN > Komunikasi Bisnis
Divisions: Program Sarjana > Laporan Magang Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:09
Last Modified: 07 Jul 2023 03:09
URI: http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/1526

Actions (login required)

View Item View Item